Ketika orang-orang baik berkumpul

Beberapa hari sebelum sowan ke solo, aku dihadapkan dengan kerjaan yang harus diselesaikan hari-hari itu. Dua website kukerjakan, satu finiahing, satu penyelesaian administrasi dotid dan setting dnsnya, soalnya email perusahaan segera digunakan. Alhasil malam sebelum berangkat ke solo, sudah selesai kukerjalan.
Malam itu kukira bisa langsung tidur, sehingga paginya bisa nyopir dengan riang gembira ke Karanganyar, tempat dihelat acara kopdar blogger. Ternyata jam 23.00 adekku, Dandy baru pulang dan bilang harus diantar ke stasiun untuk perjalanan ke Surabaya. Akhirnya ndak tidur lagi karena jam 1 dinihari nganter ke stasiun. Perjalanan sejam, dan kuputuskan untuk tidur di kost (madiun). Sudah set alarm, matiin lampu dll, tapi mata masih susah berpejam. Ternyata capek bukan membuatku cepet tidur, tapi malah sebaliknya.
Alarm berdering jam 8 pagi. Langsung mandi dan gas Ponorogo untuk jemput 3 kawan disana. Stelah ngopi dan sarapan, kami berangkat. Karena akan melaksanakan kopdar saru, dijalan kami tetep pemanasan saru. Bahasan dewasa nan asik menemani perjalanan kami.
Tak terasa kami sudah mendarat di Cafe n Resto milik BUMDES di Karanganyar sana, disana sudah di Booking untuk makan siang acara ini. Sebagai pendatang pertama, kami langsung tanya ke resepsionis untuk menduduki tempat yang sudah dipesan.
Setelah semua datang, akhirnya ada sharing oleh tim pengelola resto bale Branti beserta kepala desa. Membahas tentang pengelolaan resto dan wisata yang ada disana. Sungguh menarik, meski belum bisa diaplikasikan di desa saya. Hiks
Bersama Agus Mulyadi dan teman-temannya, kami melanjutkan perjalanan ke villa tempat acara. Kami berangkat tanpa ada yang tau lokasi, alhasil kami kesasar sampai muter berkali-kali. Hal ini sebenernya menarik, meski memalukan. Kami jadi menemukan tempat menarik yang tidak dinikmati temen rombongan lainnya. Setelah kembali mendapatkan sinyal, kami minta send location oleh temen yang sudah di lokasi. Mendaratkan dilokasi!
Sore itu kami sharing bebas dengan kepala desa dan orang sekitar villa. Karena tidak ada pengeras suara, jadi ga begitu mendengar sharingnya. Maka kuputuskan untuk ngobrol dengan Agus, mas Tri, dkk. Ngobrol tentang mojok.co, literasi dan penulis hebat Indonesia. Setelah itu, aku pindah lokasi dengan mas kika, Hassan, Donny, Frenavit, dkk. Disini bahasan soal bisnis dan tak luput dari saru. Sungguh menarik!
Ilmu dari mereka sudah kukeruk, aku bergabung dengan sesepuh. Om Didi, Om Lantip, Mbah Sangkil, Om Adi dkk. Disini lebih banyak membahas yang serius. Mulai perkembangan internet Indonesia, kasus taksi, sampai obrolan kiri.
Karena pak Mentri datang, kami segera berada di ruangan sharing bareng. Kukira disini bakal tegang dan membosankan, ternyata gak kalah santai sama yang diluar tadi. Dibuka oleh Pakdhe blontank, sharing Kominfo solo dan diakhiri tamu utama, Pak Mentri. Sungguh membuka wawasan tentang internet Indonesia dan dunia. Banyak hal menarik yang saya dapatkan. Apalagi soal blokir-mrmblokir itu. Yang sebenernya ga penting untuk dibahas. Haha
Tiga jam berdiri, akhirnya selesai juga pak Mentri berbicara. Banyak yang langsung tiduran, ada yang bakar jagung, sharing sama tetua, ada yang gitaran. Jam 3 dinihari aku memutuskan untuk tidur, menyusul ke lantai 2. Luar biasa, disana muncul suara-suara yang beraneka ragam. (Cek di Youtube saya) hiks
Bangun tidur sudah terlalu siang, pak Mentri sudah pulang, dan setelah mandi saya ikutan ke lingkaran besar di taman villa. Disana dihelat sharing santai tentang komunitas kedepan. Banyak tercetus ide dan program kedepan yang intinya memajukan dunia literasi blog Indonesia, memperbanyak konten berkualitas, memaksimalkan konten lokal dan ide bermanfaat lainnya.
Banyak testi menarik tentang kopdar kali ini. Katanya ini kopdar yang benar-benar kopdar. Kalo temen-temen pernah ikut Ngopi Kere di puncak menoreh, konsep kopdar ya mirip-mirip seasik ini. Artinya, kopdar blogger yang tidak terikat tapi memikat, tidak dibebani sponsor yang njelehi dan niat kopdar dengan benar-benar kopdar, akan tercipta suasana kopdar yang menyenangkan. Ya sepeti malam itu.
Diarea orang-orang baik, kopdar akan mencetuskan ide-ide yang luar biasa. Semoga kedepan akan ada kopdar-kopdar sejenis yang lebih juara.
Terimakasih Pak Blontank dan Kroco Pergerakan RBI. Kalian luar biasa, bisa mengatur acara yang asik. Sampai ketemu dilain waktu.

*maaf hanya sebagian foto dan random, upload via HP.

Suasana senja, setiba di villa.
Ini sebelum mendarat di villa, kamu kesasar di gunung sebelah.
Suasana malam menjelang, bercengkerama dan bakar-bakar.
Malam itu, pak Mentri 3 jam berdiri. Luar biasa.
Foto bareng sebelum berkemas. Aku didepan, bawa camera dan stabilizer ;)

3 Responses to Ketika orang-orang baik berkumpul

  1. Tulisanmu akeh typo ne. Hahaha. Btw awakmu gak nggowo salin katok ya? Katokan kui terus soale HAHAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nulise gawe hp, dadi maklum wae nek typo :D

      Hapus